Selasa, 27 Januari 2009

Penyebab bahan bakar boros

Banyak sekali pengendara yang mengeluh kalau komsumsi bahan bakar pada kendaraannya boros akan tetapi sebenarnya cara seseorang berkendara dan menjalankan pola perawatan sangat berpengaruh besar pada komsumsi bahan bakar. Cermatilah beberapa hal berikut:

  1. Berkendara dengan kecepatan tinggi. Berkendara dengan kecepatan konstan akan lebih menghemat bahan bakar daripada mengemudi dengan kecepatan tinggi. Pasalnya kecepatan tinggi dibutuhkan lebih banyak tenaga yang secara langsung membutuhkan asupan bahan bakar yang juga banyak.
  2. Biasakan untuk melakukan akselerasi dengan lembut. Menginjak pedal gas dan rem secara mendadak akan membuat komsumsi bahan bakar lebih boros.
  3. Usahakanlah untuk berkendara dengan kecepatan kecil terlebih dahulu saat baru menghidupkan mesin, baru setelah mesin panas anda bisa menggunakan kecepatan besar.
  4. Tekanan angin pada ban kurang. Sesuaikanlah tekanan angin pada ban kendaraan anda dengan bobot dan spesifikasi yang dibutuhkan kendaraan.
  5. Menyesuaikan perseneling dengan kecepatan. Kerap kali dijumpai pengendara yang malas menurunkan posisi perseneling saat kecepatan rendah begitu pula sebaliknya.
  6. Perawatan mesin kendaraan secara rutin, khususnya pada komponen karburator, saringan udara, atau kabel busi, sangat dibutuhkan untuk membuat komsumsi bahan bakar lebih irit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar